Apa itu beras Hibrida?

Apa itu beras Hibrida?

Akhir-akhir ini sering sekali terdengar tentang beras hibrida. Sepertinya varietas yang satu ini sedang naik daun khususnya di daerah Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Jika anda berkesempatan untuk browsing dengan kata kunci "beras hibrida", di facebook marketplace maka akan bermunculan banyak sekali yang menjual beras "hibrida".

Ok, agar tidak jauh melebar pembahasannya tentang apa itu beras hibrida, sebaiknya anda ptau terlebih dahulu apa itu hibrida.
apa itu beras hibrida dan bagaimana cirinya

Apa itu hibrida?

Menurut situs bbpadi:

Hibrida adalah produk persilangan antara dua tetua padi yang berbeda secara genetik. Apabila tetua-tetua diseleksi secara tepat maka hibrida turunannya akan memiliki vigor dan daya hasil yang lebih tinggi dari kedua tetua tersebut.
Keunggulan padi hibrida

Benih padi hibrida memiliki keunggulan, yaitu:
  • Hasil yang lebih tinggi dari hasil padi unggul biasa
  • Vigor lebih baik sehingga lebih kompetitif terhadap gulma, dan
Vigor adalah kemampuan benih menumbuhkan tanaman normal yang berproduksi normal pada kondisi lapangan yang optimum maupun suboptimum

Kekurangan padi hibrida

Adapun kekurangan dari benih hibrida adalah:
  • Harga benih mahal.
  • Petani harus membeli benih baru setiap tanam, karena benih hasil panen sebelumnya tidak dapat dipakai untuk pertanaman berikutnya.
  • Tidak setiap galur atau varietas dapat dijadikan sebagai tetua padi hibrida. 
Jadi, dapat disimpulkan bahwa beras hibrida adalah beras yang dihasilkan dari benih persilangan dua tetua padi yang berbeda secara genetik dengan kekurangan dan kelebihanyang dimilikinya.

Ciri-ciri beras hibrida

Untuk mengenali ciri beras hibrida secara kasatmata memang agak susah sebab ada beberapa varietas dari beras lain yang bukan hibrida namun mirip hibrida. 

Hibrida sendiri pun banyak sekali varietasnya dan setiap varietas memiliki ciri masing-masing. Namun yang paling umum yang dapat dikenali dari beras hibrida yaitu butir berasnya yang bening dan tidak putih pekat (putih susu). Adapun bentuk yang besar tidak menjamin beras tersebut adalah hibrida sebab ada juga beras hibrida yang bentuknya kecil-kecil mirip beras siam. Dan tentunya kejujuran dari penjual beras perlu anda perhatikan.

Pertanyaannya kemudian adalah seberapa banyak stok beras hibrida di kalteng? Anda bisa membaca ulasannya disini.

Share this:

Tidak ada komentar